Info Terbaru

Bagaimana Merawat Kendaraan Selama Banjir

Hujan yang terjadi di Indonesia – Jakarta khususnya – saat ini tidak bisa diprediksi. Ada waktu ketika curah hujan yang turun saat tinggi pada saat yang tidak kita duga. Karena tidak bisa diperkirakan, sebaiknya kita mempersiapkan pencegahan daripada merugi di kemudian hari.

Selain melindungi benda yang bernyawa, harta benda yang berharga juga harus masuk daftar untuk dilindungi di saat seperti ini. Untuk Anda yang punya mobil dan kendaraan lain, tentu tidak murah untuk membiayai perbaikan setelah terjadi kerusakan yang parah – karena kendaraan adalah barang yang paling mungkin terkena banjir saat berada di jalan raya.

Untuk memastikan mobil Anda terlindungi saat banjir datang, inilah beberapa hal yang harus Anda ingat:

Selalu Memantau

Selalu cari informasi terbaru yang terjadi di sekitar Anda. Jika tidak ada listrik, pasang radio yang memakai baterai untuk tetap menerima kabar terbaru. Selalu pantau laporan cuaca terakhir dan apa yang sedang terjadi di daerah Anda. Ikuti petunjuk pencegahan dari petugas setempat yang berwenang.

Carilah Tempat Kering

Jika sudah terlanjur keluar rumah dan sayangnya terjebak banjir, cabut semua terminal baterai untuk mencegah konsleting. Selipkan kabel-kabel di bawah karpet atau di tempat yang bebas dari genangan air.

Selalu Berhati-hati dalam Berkendara

Jika Anda sedang berada di jalan dan terjebak banjir tiba-tiba, inilah yang perlu Anda lakukan:

  • Tetap tenang dan jangan panik
  • Sebisa mungkin bawa kendaraan ke tempat yang bebas genangan, jika masih memungkinkan
  • Jika banjir belum terlalu tinggi – masih berupa genangan, jaga jarak aman dengan kendaraan di depan Anda. Jalan yang licin membuat Anda memerlukan jarak ketika memberhentikan kendaraan. Jangan sampai jarak yang terlalu dekat membuat Anda menabrak kendaraan di depan Anda ketika menginjak rem
  • Segera keluar dari kendaraan jika banjir yang akan menerjang sudah melebihi setengah badan mobil Anda
  • Jika banjir sudah mereda, jangan coba menyalakan mesin karena akan merusaknya. Teleponlah servis derek mobil untuk membantu Anda
  • Catat nomor penting yang dapat Anda hubungi di saat darurat

Parkir Kendaraan di Tempat yang Aman

Jika di daerah rumah Anda ada kontur tanah yang lebih tinggi, parkirlah disana. Pusat perbelanjaan dan perkantoran adalah pilihan yang paling aman jika Anda tinggal di daerah yang rendah, lebih baik membayar tiket parker yang mahal dibandingkan membeli mobil yang baru.

Periksa Asuransi

Periksa kembali semua detail asuransi kendaraan yang akan mengganti biaya kerusakan mobil Anda. Miliki asuransi mobil yang tidak hanya mengganti kerusakan karena kecelakaan. Seringnya hujan yang terjadi – dan tidak bisa diprediksi – membuat Anda harus lebih teliti tentang pasal bencana banjir yang mungkin saja menimpa Anda. Tapi tentu saja harganya lebih mahal.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*