Info Terbaru

Khasiat dan Manfaat Cabe

Walau ada juga orang yang tidak suka makanan pedas namun lebih banyak orang yang gemar makan cabe. Selain membuat keringat bercucuran, makanan pedas mempunyai lebih banyak manfaat dan khasiat.

khasiat dan manfaat cabaiMakanan Indonesia terkenal banyak memakai cabe, baik masakan Padang maupun masakan Jawa. Warnanya yang merah merangsang, bau sedap sambal terasi menggugah selera makan kita, membuat air liur menetes. Walau ada juga orang yang tidak suka makanan pedas namun lebih banyak orang yang gemar makan cabe. Selain membuat keringat bercucuran, makanan pedas mempunyai lebih banyak manfaat dan khasiat.

Melangsingkan badan. Kita tahu bahwa mengeluarkan keringat ketika berolahraga dapat membuat badan lebih bugar, begitu juga kalau kita mandi sauna. Selain kedua kegiatan itu, makan makanan pedas dapat menyebabkan keringat kita (selain ingus) terperas. Hal ini meningkatkan metabolisme, membakar 8% lebih banyak kalori. Karena itu bila Anda menggemari masakan Padang, lembur kuring atau lesehan makanlah sambal banyak-banyak jika perut Anda tahan. Selain membakar kalori, karena kepedasan Anda juga mengurangi jumlah makanan yang masuk ke perut Anda, jadi mengurangi kalori juga. Kalau kita perhatikan orang Asia yang rata-rata menggemari makanan pedas jarang yang berlebihan beratnya, ini karena pengaruh cabe dan rempah-rempah lain yang ada pada makanan mereka.

cabai1

Menghindari penyakit jantung. Capsaicin yang terkandung dalam cabe menurunkan kolesterol jahat. Menurut American Chemical Sosiety capsaicin mencegah kolesterol jahat, meningkatkan aliran darah dengan menghambat zat-zat yang menyebabkan penyempitan arteri jantung.

Mencegah kanker. American Chemical Society juga mengatakan bahwa capsaicin berfungsi menangkal kanker. Selain cabe, rempah-rempah pedas seperti merica, jahe, kunir, bawang putih terbukti dapat mematikan pertumbuhan sel-sel kanker prostat.

cabai2

Menurunkan darah tinggi. Kandungan capsaicin dalam cabe meningkatkan nitric oxide yang menurunkan darah tinggi dan menyembuhkan peradangan. Dari semua cabe, rawit terbukti paling cepat menurunkan tekanan darah. Ketika saya hamil anak pertama, di bulan-bulan pertama tekanan darah saya menurun sehingga dokter menganjurkan saya untuk minum susu murni. Tetapi di akhir bulan kelima kaki saya mulai bengkak yang menandakan tekanan darah saya tinggi. Berhubung saya sedang hamil dokter tidak mau memberi obat untuk menurunkan tekanan darah. Beliau hanya menganjurkan agar saya menghindari garam, tidak makan yang asin-asin. Kebetulan saya penggemar cabe, tanpa menyadari khasiat dan manfaat cabe, saya banyak makan cabe rawit. Makan tahu goreng harus ada cabe rawit yang mendampingi, makan bakmi goreng begitu juga. Tekanan darah saya menurun tetapi ketika bayi saya lahir, kelopak matanya merah jambu. Kata suster saya makan terlalu banyak makanan pedas. Ternyata sampai sekarang anak saya itu tidak dapat hidup tanpa cabe/sambal.

cabai3

Mencegah heartburn. Orang kita mungkin tidak pernah mengenal heartburn. Penyakit ini ditimbulkan oleh banyaknya asam perut yang naik ke kerongkongan, rasa sakitnya mirip penyakit jantung karena itu disebut heartburn. Belum diketahui apakah ada hubungan antara kebiasaan makan makanan pedas dengan tidak adanya heartburn. Boleh jadi kebiasaan orang Barat untuk makan yang asam-asam di pagi hari seperti buah dan jus jeruk mengakibatkan terbukanya katup kerongkongan bagian bawah sehingga cairan asam perut naik ke kerongkongan. Sebaliknya orang Indonesia lebih suka makan nasi goreng pedas sehingga darah tinggi turun, kolesterol jahat hilang, sel-sel kanker mati, bahkan sakit kepala pun lenyap.

Masih banyak lagi khasiat dan manfaat cabe seperti mengurangi rasa nyeri di kaki (neuropathy) pada penderita diabetes, menyembuhkan sakit kepala, menghilangkan radang sinus. Karena itu jika Anda bukan penggemar makanan pedas, cobalah mulai dari sekarang membiasakannya. Sedikit cabe dalam makanan Anda menjauhkan Anda dari begitu banyak penyakit. Kalau orang Barat mempunyai slogan “Satu apel sehari menjauhkan dokter dari Anda.” Kita perlu membuat slogan sendiri yang bunyinya “Satu cabe sehari menjauhkan semua dokter dari kita.” (Sumber Fox News, 16 Sep 2014)

sumber: keluarga.com

 

Leave a comment

Your email address will not be published.


*