Mengenali Ciri-ciri Penipuan Online

Kasus penipuan akhir-akhir ini makin marak terjadi di dunia online. Meskipun sudah waspada, kadang masih terjadi juga kasus penipuan. Hal ini yang baru saja dialami oleh rekan kami, lolos dari penipuan lelang mobil, malah terkena jebakan penipuan untuk makelar lelang.

Berikut ini merupakan ciri-ciri penipuan online:

  1. Nomer yang menghubungi Anda pasti merupakan nomer yang tidak dikenal
  2. Penipu selalu mengaku-ngaku kenal dekat dengan Anda, dan kita disuruh menebak. Umumnya kita sungkan dan berusaha mengingat teman kita yang suaranya sangat mirip dengan penipu (Sebenarnya disini Anda bisa test penipu dengan cara, sebutkan nama yang justru Anda tidak pernah tahu. Jika penipu membenarkan nama tersebut, dia sudah masuk jebakan Anda 🙂 )
    Jika Anda sudah terlanjur menyebutkan nama teman Anda, tetap tenang dan lakukan test berikutnya.
  3. Umumnya penipuan selalu menawarkan harga yang sangat tidak wajar, karena itu transaksi lelang atau undian berhadiah adalah yang paling memungkinkan untuk ditawarkan.
  4. Setelah memberikan penawaran, umumnya mereka akan berkali-kali mencoba untuk menghubungi dan meyakinkan Anda.
    Ketika Anda tidak merespon dengan cepat, penipu akan mudah marah dan terlihat tidak sabaran.
  5. Harapan dari penipu adalah adanya transaksi emosional (tidak selalu dengan nominal besar) sehingga kita tidak sempat berpikir sehat. Disinilah biasanya orang banyak terjebak karena umumnya karena faktor ke-Serakah-an.

Jika Anda merasa artikel ini banyak memberi manfaat, jangan lupa untuk berbagi ke rekan-rekan ya. Dan jika ada masukan sesuai pengalaman Anda pribadi, silahkan dibagi di kolom komentar di bawah ini ya. 😀

4 Comments

  1. kemarin ada yg menelfn saya ia megaku dari indosat dia menginformasikan bahwa nomor hp yg saya gunakan mendapatkan undia berhadian dan mendapatkan nomor urut undian nomor 2,hadiahnya sebesar RP.6.000.000 rupiah,dan saya td nya tdk ragu,inti mereka tidak bisa mentransaksi pengiriman di karenaka saldo saya di bawah rata yg seharus nya sisa de rekening saya 271.000 dan saya di suruh untuk meningkatkan saldo se besar 200.000,pertanyaan saya itu benar atau tdk

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Cara Melaporkan SMS Penipuan Telkomsel, Indosat, XL
  2. Cara Melaporkan Situs Penipuan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.