Update Algoritma Google Penguin 3.0 Masih Dalam Proses

Google Penguin 3.0 adalah refresh yang masih berdampak 1% dari permintaan, maka hasil pencarian akan berubah untuk beberapa minggu ke depan.

Setelah di nanti-nanti akhirnya algoritma google penguin 3.0 dari google resmi di update pada tanggal 17 Oktober 2014. update pertama kali pada hari jumat setelah satu tahun penguin diupdate oktober 2013, memang untuk istilah kali ini bukan update namun refresh Algoritma penguin, kenapa di bilang refresh? Karena google sendiri mengatakan bahwa untuk kali ini efek algoritma penguin tidak terlalu besar namun hanya sekitar 1% saja, dampak mungkin saja ada untuk minggu ke depan seperti yang dikatakan oleh google.

Pierre menulis di Google+ :

Pada Jumat pekan lalu, kami mulai meluncurkan refresh algoritma Penguin yang mempengaruhi kurang dari 1% dari permintaan dalam hasil pencarian bahasa Inggris. Penyegaran ini akan membantu situs yang sudah dibersihkan sinyal spam pada tahun lalu dan situs dengan spam baru yang ditemukan.

Ini adalah peluncuran lambat di seluruh dunia, sehingga Anda mungkin melihat hal itu menetap selama beberapa minggu ke depan.

Dari pernyataan diatas kita tarik kesimpulan bahwa di tahun lalu jika situs anda terkena dampak dari algoritma penguin dan sudah anda perbaiki untuk satu tahun ini mungkin akan segera pulih setelah refresh penguin 3.0 tahun ini, namun jika situs anda merupakan situs spam atau mempunyai beberapa link spam kemungkinan besar untuk algoritma penguin kali ini akan mendapatkan penalti atau bahkan akan masuk daftar hitam oleh penguin.

Beberapa pengamat SEO mengatakan bahwa untuk kali pertamanya penguin hanya di refresh kali ini, dan kemungkinan besar untuk berikutnya akan lebih sering untuk di refresh seperti yang sudah kita ketahui bahwa algoritma panda misalnya melakukan perubahan selama dua kali untuk satu tahun ini, dan yang terakhir adalah hanya refresh algoritma panda saja. Nah dari pernyataan inilah kemungkinan besar bahwa algoritma penguin pun akan sering di refresh ketimbang di update, bisa kita bayangkan jika memang penguin di update kemungkinan hasil pencarian untuk saat ini akan berubah total.

Secara signifikan perubahan ini akan berlangsung kurang lebih sepekan kedepan, jadi jika anda mempunyai banyak spam anda mempunyai kesempatan untuk memperbaiki spam yang sudah anda lakukan, dan jikalau anda sudah kena dampak penalti dari algoritma penguin Anda bisa melaporkan tentang kesalahan yang anda lakukan.

Apa Tujuan Algoritma Penguin Sebenarnya?

Seperti yang sudah ditulis di halaman beberapa algoritma google yang perlu anda ketahui, penguin merupakan salah satu algoritma google yang di luncurkan untuk melibas situs yang nyata-nyata menyebarkan spam. Penyebaran spam bisa dengan farm blog (Beternak Blog), komentar spam, link exchanges dan banyak lagi tentang backlink tentunya, untuk tujuan inilah sebenarnya algoritma penguin di bangun oleh google.

Apakah Link Building Tergolong Spam?

Belum tentu dikatakan spam, namun perlu digaris bawahi bahwa link building yang baik adalah dengan cara yang wajar seperti yang sudah di tulis pada halaman cara membangun link building secara natural. Memang kita akui tanpa adanya backlink kemungkinan besar situs akan lebih susah dibangun. Mungkin bisa dibilang kalau situs tidak mendapatkan backlink seperti rumah yang tidak mempunyai tetangga. Akan terasa hampa dan sangat sulit untuk dikenal oleh orang banyak. Inilah sebenarnya tujuan dari membangun link building.

Cara Mudah untuk Menghadapi Algoritma Google Penguin?

Tetap satu membangun backlink secara manual dan relevan dengan niche blog kita, dan jangan pernah untuk menanam backlink di papan komentar, ini yang sering keliru dalam menerapkan cara mencari backlink, inilah upaya untuk terhindar dari penalti penguin.

sumber: bukainfo.com

Loading

4 Comments

  1. dari info yang beredar update terjadi pada tanggal 25 oktober kemarin, yang jadi pertanyaan prosesnya update berlangsung berapa lama ya? misalnya sampai hari ini blog saya aman dari algoritma, apakah itu indikasi bahwa blog tersebut lolos di update kali ini, atau masih menunggu beberapa minggu kedepan?

    • Update terjadi pada tanggal 17 Oktober dan akan terus berjalan.
      Jika sampai hari ini posisi aman berarti web mas fauzi aman juga. 😀
      Update kali ini untuk memerangi web yg banyak melakukan spammy.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.