Mana yang Lebih Baik, Nasi atau Roti untuk Sarapan?

Mana yang Lebih Baik, Nasi atau Roti untuk Sarapan

Kebanyakan orang Indonesia merasa belum makan jika belum makan nasi. Mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam, jika tidak makan nasi rasanya seperti masih belum makan.

Namun berbeda dengan budaya di Eropa. Justru yang menjadi menu utama sarapan mereka adalah roti dan salad.

Mungkin Anda pun pada akhirnya jadi bertanya-tanya, mana yang lebih baik, nasi atau roti untuk sarapan? Sebenarnya hal itu tergantung pada nutrisi apa yang ingin Anda asup ke dalam tubuh di pagi hari.

1. Nutrisi makro

nutrisi makro

Nasi cokelat sebanyak 1/2 cangkir mengandung 108 kalori, 3 gram protein, 1 gram lemak dan 22 gram karbohidrat. Sedangkan sepotong roti gandum memiliki 69 kalori, 4 gram protein, 1 gram lemak dan 12 gram karbohidrat. Jika Anda sedang membatasi asupan kalori ataupun karbohidrat, roti jadi pilihan tepat dibanding nasi. Tentunya pilih roti yang terbuat dari tepung gandum utuh yang kaya serat.

Untuk seporsi nasi putih dan sepotong roti tawar putih punya jumlah kalori, lemak, karbohidrat, dan protein yang sama.

2. Serat

nasi putih

Satu porsi nasi merah atau sekitar 1/2 cangkir beras merah mengandung 2 gram serat. Begitupun dengan sepotong roti gandum.

Namun nasi putih justru mengandung serat lebih sedikit dibanding nasi merah dan gandum. Nasi putih hanya mengandung 0,3 gram serat. Sepotong roti tawar putih hanya mengandung serat sebesar 0,4 gram.

Sebagai patokan, wanita dewasa harus mengonsumsi 25 gram per hari. Sedangkan pria dewasa membutuhkan 38 gram asupan serat per hari.

3. Vitamin

vitamin

Sebenarnya baik roti ataupun nasi tidak mengandung vitamin yang tinggi. Dalam 1/2 cangkir beras putih mengandung sebesar 77 mikrogram folat atau sebesar 19 persen dari total asupan folat harian.

Sedangkan sepotong roti tawar putih mengandung sebesar 43 mikrogram folat atau 11 persen dari total harian. Berbeda dengan kedua bahan tadi, beras merah dan roti gandum justru tidak memberikan nutrisi dalam jumlah yang signifikan.

4. Mineral

mineral

Magnesium sendiri berguna untuk memperkuat tulang, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menjaga jantung agar berdetak secara teratur. Dari keempat jenis sumber karbohidrat populer tersebut, beras cokelat punya kandungan mineral terbanyak. Beras cokelat mengandung sebanyak 42 miligram magnesium atau sekitar 11 persen dari nilai harian serta beberapa mineral esensial lainnya.

Nah, dari penjelasan tersebut Anda hanya perlu memilih sumber karbohidrat mana yang ingin Anda asup di pagi hari.

Jika Anda berencana mengurangi asupan karbohidrat dan ingin sarapan yang praktis bahkan sedang terburu-buru, maka roti menjadi pilihan yang tepat.

sumber: detik.com

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.