Info Terbaru

3 Cara FOKUS Berbisnis Sambil Menjadi Ibu Rumah Tangga

Sebagai ibu rumah tangga yang sekaligus ingin terjun berbisnis, tentunya bukan hal yang mudah untuk menjalankan keduanya yang sama-sama membutuhkan tenaga serta waktu. Karena itu, saat ini banyak ibu rumah tangga (bunda) yang mencoba mencari penghasilan tanpa meninggalkan aktifitas sebagai seorang bunda dengan terjun dalam dunia online.

Tidak sedikit bunda yang sukses menjalankan bisnisnya secara online dan juga tidak sedikit bunda yang gagal menjalankan bisnisnya bukan karena faktor tidak mampu tetapi faktor bingung membagi waktu.

Saya memiliki 3 cara fokus untuk para bunda yang sebelumnya gagal dan ingin mencoba lagi berbisnis sambil menjadi ibu rumah tangga.

#1. Find Your Passion! (Temukan Gairah Anda)

Passion atau gairah itu penting!. Apalagi menjadi seorang yang multi-task, tanpa passion sepertinya akan sulit menjalankan kerjaan yang sudah direncanakan dan akan berakibat pending-jobs karena bingung yang berakhir malas.

Bagi seorang bunda yang ingin terjun berbisnis sambil menjadi ibu rumah tangga, tentu PASSION menjadi hal yang paling penting. Kalau Anda tidak memiliki Passion, maka Anda tidak akan bisa menjalankan keduanya.

Bagaimana menemukan Passion Anda?.

Jangan pernah ikut-ikutan berbisnis kalau tidak jelas hal yang ingin dilakukan. Ambil selembar kertas dan tulis 20 hal yang Anda sukai dalam bekerja dan 20 hal yang Anda tidak sukai dalam bekerja. Kemudian lihat 20 hal yang Anda sukai yang berarti 20 hal yang paling membuat Anda bergairah melakukannya.

#2. Create Home Office (Ciptakan Ruang Kerja Di Rumah)

Setelah Anda menemukan Passion Anda dan menemukan bisnis yang ingin Anda jalankan, misalnya jualan baju secara online dengan dropship atau bisnis Multi Level Marketing, maka langkah selanjutnya adalah coba untuk mencari sisi dari rumah atau ruangan di rumah yang bisa digunakan oleh Anda untuk dijadikan sebuah tempat/ruang kerja di rumah.

Dalam menciptakan ruang kerja di rumah, pastikan ruang kerja Anda itu nyaman tetapi tidak lepas dari jangkauan mata Anda untuk keluarga/anak atau bisa dikatakan pilih sisi/ruangan yang strategis.

#3. Schedule and System (Jadwal dan Sistem)

Salah satu yang membuat para bunda gagal menjalankan bisnisnya dari rumah adalah jadwal yang berantakan. Tidak sedikit bunda yang bingung membagi jadwal antara menjalankan bisnis dengan menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga.

Hal yang pertama kalau para bunda ingin sukses menjalankan bisnis/bekerja dari rumah adalah membuat jadwal yang pasti untuk 6 bulan sampai setahun dengan detail jam per harinya. Misal: per hari Anda ingin bekerja 8 jam (09.00 WIB – 16.00 WIB) maka buat jadwal harian 8 jam Anda yang sudah termasuk dalam mengurus rumah tangga. Bisa dibagi 4 jam untuk bisnis/bekerja dan 4 jam untuk rumah tangga misalnya nyapu, ngepel, masak dan lainya.

Kalau Anda ingin 8 jam digunakan untuk full bekerja, maka bayar seorang pembantu untuk menggantikan pekerjaan rumah tangga Anda. As simple as that! 🙂

Setelah jadwal Anda sudah dibuat, maka yang terpenting kedua adalah membuat sistem kerja untuk bisnis Anda agar bisa berjalan tanpa membuat Anda stress dan tetap bisa bermain dengan keluarga Anda.

Semoga 3 Cara FOKUS Berbisnis Sambil Menjadi Ibu Rumah Tangga dari saya dapat membantu Anda para bunda untuk bekerja sambil menikmati menjadi ibu rumah tangga.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*