Potensi Besar Energi Matahari Sebagai Energi Masa Depan

Pada saat ini sumber energi alternatif dan energi terbarukan sedang ramai menjadi perhatian banyak negara, hal ini dikarenakan sudah semakin berkurangnya cadangan energi fosil seperti batubara dan minyak bumi. Salah satu sumber energi yang sedang banyak dikembangkan yaitu energi surya atau matahari.

Energi matahari merupakan energi yang tidak terbatas jumlahnya khususnya di wilayah tropis yang banyak menerima sinar matahari sepanjang tahun. Salah satu pemanfaatan energi surya adalah dengan mengubahnya menjadi energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya.

Tahukah Anda jika Indonesia mempunyai PLTS terbesar pertama yang memiliki kapasitas hingga 2×1 MW di pulau Bali tepatnya di wilayah Karangasem dan Bangli.

PLTS mempunyai beberapa keunggulan diantaranya:

  1. Merupakan sumber energi yang ramah lingkungan karena tidak mengahasilkan polutan
  2. Merupakan sumber energi yang tidak terbatas jumlahnya dan tersedia dalam jumlah yang banyak
  3. Merupakan sumber energi yang gratis

Perusahaan asal Silicon Valley California, Ubiquitous Energy mengembangkan energi terbarukan yakni, energi matahari. Energi matahari sejak dulu menjadi potensi besar untuk menggantikan energi fosil. Namun, kendala seperti lahan yang luas untuk panel surya masih menjadi halangan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.