Info Terbaru

Pemimpin Dunia Hadiri Pelantikan Jokowi, Tanda Percaya RI

Sejumlah kepala negara dan utusan asing dijadwalkan akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal mengatakan, pemimpin dunia hadiri pelantikan Jokowi. Yang hadir di antaranya Perdana Menteri (PM) Australia Tony Abbot, PM Singapura Lee Hsien Loong, dan Menteri Luar Negeri (Menlu) Amerika Serikat (AS) John Kerry.

“Untuk lebih jelasnya, bisa ditanyakan kepada kepala protokoler negara,” ujar Dino di Kantor kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (15/10/2014).

Menurut Dino, kehadiran para pemimpin negara asing itu merupakan bukti bahwa Indonesia mendapat dukungan dari dunia internasional, terutama dalam hal politik dan ekonomi.

“Kehadiran tamu-tamu kepala negara dan utusan khusus itu, pertanda bahwa dunia percaya pada Indonesia dan mendukung arah perjalanan politik dan ekonomi Indonesia,” imbuh mantan Dubes Indonesia untuk AS tersebut.

Sekjen MPR Edi Siregar sebelumnya mengatakan, ada 9 kepala negara yang akan hadir di pelantikan Jokowi, yaitu Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Presiden Timor Leste Taur Matan Ruak, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Najib Razak, PM Republik Haiti Laurent Salvador Lamothe, Gubernur Jenderal Papua Nugini  Michael Ogio, Presiden Iran Hassan Rouhani dan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani Iran, PM Australia Tony Abbott, serta yang mewakili PM Thailand Prayut Chan-o-cha.

“Ada 9 kepala negara yang hadir dan 8 utusan khusus. Total ada 17 yang akan datang di pelantikan presiden nanti,” ujar Edi.

Pelantikan Jokowi-JK menjadi Presiden dan Wakil Presiden dijadwalkan akan dilaksanakan pada Senin 20 Oktober mendatang sekitar pukul 11.30 WIB. Pada hari itu, Jokowi dan JK akan diantar-jemput ke Istana Merdeka dengan diiringi Kirab Karnaval. Dilanjutkan di Monas sambil diiringi grup band.

Pada sore harinya, Jokowi akan menyampaikan pidato sebagai presiden dalam acara pemotongan tumpeng. Setelah itu, ia dan JK melanjutkan jamuan makan malam bersama tamu-tamu negara. Sekitar pukul 20.00 WIB, keduanya akan melepas lampion ke udara bersama rakyat dengan dress code warna putih.

sumber: liputan6.com

Leave a comment

Your email address will not be published.


*