Info Terbaru

Pinjam Uang Tanpa Jaminan? Pastikan Kamu Siap 8 Hal Ini !

Masalah pinjam-meminjam uang telah berlangsung sejak jaman dahulu kala. Namun selalu saja timbul sejumlah masalah, baik ketika mengajukan pinjaman ataupun saat dana telah cair. Nah, untuk yang terakhir ini kerap terjadi pada si peminjam karena ketidakmampuan untuk membayar cicilan.

Agar terhindar dari permasalahan tersebut, baik saat pengajuan pinjaman maupun saat pengelolaan dana. Ada baiknya mempersiapkan segala sesuatunya saat akan mengajukan pinjaman. Terutama saat kamu mau pinjam uang tanpa jaminan dan syarat yang dianggap lebih sulit dari pinjaman dengan agunan. Jangan sampai niat kamu untuk mengatasi masalah keuangan justru menimbulkan masalah yang baru.

Kamu mau pinjam uang tanpa jaminan, sebenarnya bisa kamu lakukan di beberapa tempat, misalnya saja pinjam saudara, teman, rekan kerja atau bank.

Bank? Yup. Saat ini banyak bank yang memberikan fasilitas untuk mereka yang mau pinjam uang tanpa jaminan dengan beberapa syarat. Sebut saja fasilitas kredit tanpa agunan (KTA). KTA ini memudahkan kamu meminjam sejumlah uang tanpa jaminan dan syaratnya lebih gampang ketimbang meminjam dengan jaminan.

Nah, sebelum kamu mau pinjam uang tanpa jaminan, ada delapan hal yang harus kamu perhatikan. Penasaran? Check this out!

1. Cek Situs Perbandingan

halomoney

Kamu yang mau mencari pinjaman tanpa jaminan atau KTA, ada baiknya kamu mengunjungi halomoney.co.id, karena halomoney.co.id akan membantu kamu membandingkan kentungan setiap KTA dari berbagai bank, tidak hanya membantu kamu membandingkan keuntungan setiap dari berbagai KTA, kamu juga bisa menambah wawasan dari informasi yang disajikan di blog halomoney.

 

2. Cari Bunga Terendah

cari bunga terendah
Kamu harus mencari bunga terendah untuk pinjaman tanpa jaminan yang akan diambil. Jangan sampai kamu bermasalah karena tidak mampu membayar cicilan bunga yang tinggi. Biasanya kisaran bunga kredit pinjaman tanpa jaminan antara 10% – 14% yang diberikan oleh bank ataupun jasa lembaga keuangan lain.

 

3. Pilih Bank Yang Tepat

bank tepat

Banyaknya lembaga perbankan baik yang berbentuk syariah ataupun konvensional membuat kamu punya banyak pilihan sebelum memilih bank yang terbaik. Selama kamu teliti dan telaten, kamu bisa mendapatkan bank yang paling tepat dan bisa menguntungkan. Misalnya saja memilih bank di tempat kamu memiliki rekening, karena pihak bank akan mengetahui kondisi arus kas keuangan kamu. Dengan begitu pinjaman akan cepat cair.

 

4. Mulai Belajar Hemat

hemat

Kamu mesti punya perencanaan anggaran yang baru sehingga tidak kebingungan bagaimana membayar cicilan pinjaman kamu. Ini adalah waktu yang tepat untuk belajar berhemat dan memotong anggaran yang tidak perlu. Anggaran itu bisa digunakan untuk menambah cicilan bunga pinjaman.

Memang sih beberapa bulan pertama, kondisi keuangan kamu akan sempat gonjang ganjing karena pinjaman yang kamu ambil, tetapi setelah itu kamu akan terbiasa dan tetap bisa membayar pinjaman dengan disiplin tinggi

 

6. Punya Jaminan untuk “jaga-jaga”

jaminan

Maraknya pinjaman tanpa agunan, bukan berarti kamu sama sekali tidak memiliki apa pun untuk dijadikan jaminan “jaga-jaga” seandainya kamu tidak mampu membayar cicilan. Misalnya mobil atau sepeda motor bisa jadi jaminan untuk “jaga-jaga” yang bisa kamu jual untuk kemudian membayar cicilan hutang.

Sebelum kamu memutuskan untuk meminjam, pikirkan jaminan yang kamu miliki. Juga risiko apa yang akan terjadi bila kamu tak sanggup lagi membayar.

 

 7. Mempersiapkan Dokumen Syarat Pinjaman

jaminan

Mudahnya dalam mengajukan pinjaman bukan berarti tidak adanya risiko aplikasi kamu ditolak. Agar kamu yakin sebelum mengajukan aplikasi lebih baik kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Kamu juga bisa mendatangi bank yang akan kamu ajukan pinjaman secara langsung. Sehingga benar-benar tahu apa saja dokumen persyaratan yang harus dilengkapi.

Oh ya, kini banyak bank yang membuka aplikasi pinjaman secara online melalui websitenya. Kamu bisa dengan mudah mengunjungi website bank tersebut untuk mengetahui dokumen yang dibutuhkan.

 

8. Menyiapkan Mental

kepribadian

Yang paling penting adalah persiapkan mental kamu, karena pihak bank akan menilai kepribadian dari calon peminjam baik dari sifat, kebiasaan, cara hidup dan latar belakang keluarga. Dari situlah akan diketahui sampai sejauh mana iktikad atau kemauan kamu untuk memenuhi kewajibannya.

Pemberian kredit merupakan dasar dari kepercayaan dan keyakinan dari pihak bank bahwa calon peminjam memiliki moral, watak dan sifat-sifat pribadi yang positif dan kooperatif.

Bila kamu sudah siap dengan delapan hal tadi. Pastikan pinjaman tanpa jaminan itu kamu gunakan untuk hal-hal yang produktif ya.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*