Info Terbaru

Perencanaan Keuangan – Gimana Komitmen Anda?

Mungkin sebagian besar orang sudah membuat perencanaan keuangan mulai dari jauh-jauh hari sebelumnya. Semua komponen biaya seperti pengeluaran, asset, sumber pemasukan dan lain sebagainya sudah di rinci secara detail. Namun bagainya next nya? Apakah Anda termasuk orang yang berkomitmen dalam menjalankan amanah yang sudah Anda tulis tersebut.

Anda boleh saja merencanakan, namun sering kali banyak prisitwa yang sering kali Anda tidak dapat duga sebelumnya. Seperti membeli obat, biaya berbaikan kendaraan di bengkel dan selalu ada saja biaya yang harus Anda dengan terpaksa atau tidak harus Anda keluarkan. Apalagi ketika Anda pergi ke mall, lalu melihat benda-benda yang sedang diskon, apakah pandangan mata Anda akan langsung tertuju kesitu dan langsung membelinya?

Jadilah pribadi yang berkomitmen, bukan hanya komitmen terhadap pasangan Anda, namun juga pada perencanaan keuangan yang sudah Anda buat. Perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Selalu Mencatat Pengeluaran

Sangat direkomendasikan bagi Anda untuk selalu membawa catatan kecil dimana saja dan kapan saja, sehingga Anda dapat menuliskan pemasukan dan pengeluaran secara real time. Cara ini sangat dianjurkan sehingga Anda dapat melacak berbagai pengeluaran secara rutin dan nantinya Anda akan sangat terkejut dengan jumlah akumulasi dari catatan tersebut setiap bulannya.

2. Menjadi Bagian Dari Ikut-Ikutan?

Susah memang apabila kita sedang jalan-jalan di mall atau di pusat perbelanjaan besarma teman, lalu melihat berbagai diskon disana-sini. Anda pasti tergiur dengan berbagai tawaran dan sering kali Anda terpengaruh oleh hal itu. Lantas selanjutnya Anda membeli barang yang seharusnya kurang begitu penting. Anda harus sadar bahwa kondisi keuangan setiap orang sangatlah berbeda, dan keuangan Anda adalah tanggung jawab diri Anda sendiri.

3. Jangan Biarkan Emosi Memenangkan Diri Anda

Terkadang kita menjadi mendadak “boros” dan banyak mengeluarkan uang untuk membeli barang yang tidak kita perlukan ketika sedang jenuh atau stress. Mungkin sebagian dari Anda memilih untuk membeli baju baru, sepatu, tas, bahkan juga membeli makanan yang harganya tidak wajar.

Sebut saja istilah “Emotional Shopping”, jangan harap istilah ini akan bersahabat dengan dompet Anda. Jika Anda termasuk tipe “emotional shopper”, Anda harus segera menenangkan diri saat mempunyai hasrat belanja yang tiba-tiba membludak. Jika Anda dalam kondisi tersebut, segera jauhi mal, pusat belanja, atau tempat nongkrong lainnya.

4. Terkadang, Hadiahi diri Anda Dengan Beberapa Hadiah Kecil

Bagi Anda yang berhasil mencapai goal rencana keuangan Anda, maka Anda berhak untuk menghadiahi diri Anda dengan hadiah kecil. Sebenarnya hal ini bukan saat Anda mencapat goal secara massive, namun hadiahilah diri Anda ketika Anda mencapai goal jangka pendek yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Anda bisa menghadiahi diri Anda dengan berbagai barang atau makanan kesukaan seperti komik, buku, makanan atau minuman favorit Anda.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*